Cari Blog Ini

Rabu, 11 Desember 2013

Tipes



Entah cuman opini atau memang kenyataan, penyakit mahasiswa tidak jauh-jauh dari yang namanya tipes. Seperti yang kuderita saat ini. Belum ke dokter sih, karena jika minum obat yang tepat seperti paracetamol panas badan akan turun menuju normal. Namun yang paling gak enak banget adalah rasa pusing dan mual. Berikut adalah hasil searching via mbah google tentang penyakit ini.

Tanda-tanda penyakit tipes

Tanda tanda demam tifoid atau yang lebih dikenal oleh masyarakat awam dengan sebutan penyakit tifus adalah penyakit infeksi bakteri yang masuk ke tubuh melalui saluran cerna (usus), kemudian menyebar ke seluruh tubuh melalui darah (infeksi sistemik). Tifus atau penyakit tipes disebabkan oleh sejenis bakteri yang disebut Salmonella serovarian typhi dan paratyphi. Terdapat ratusan jenis bakteri Salmonella , tetapi hanya empat jenis yang dapat menimbulkan tipes yaitu Salmonella serovarian typhy, paratyphi A, paratyphi B, dan paratyphi C, Demam tifoid atau tipes terjadi apabila seseorang terinfeksi kuman Salmonella, yang umumnya melalui makanan atau minuman yang tercemar. Apabila jumlah kuman yang masuk ke tubuh cukup banyak, kuman akan menempel pada sel usus kemudian berkembangbiak (berkoloni) di sana. Kuman kemudian masuk dan menembus dinding usus sehingga masuk ke aliran darah sehingga menyebar ke seluruh tubuh, menimbulkan infeksi pada organ tubuh di luar saluran cerna. Ada kalanya kuman tidak cukup virulen untuk menyerang dan hanya menimbulkan infeksi local di saluran cerna dengan gejala perut kembung, mual atau diare, keadaan ini disebut dengan Salmonelois.

Cara pencegahan penyakit tipes

Penyakit tipes merupakan infeksi sistematik dengan gejala yang sudah khas yaitu demam tinggi. Ada juga demam yang dialami oleh si penderita tipes umumnya mempunyai pola khusus dengan suhu yang semakin meningkat (sangat tinggi) naik turun.Hal ini biasanya terjadi pada sore dan malam hari, sedangkan kalau pagi hari tidak terasa demam. hal inilah yang biasanya tidak disadari oleh si penderita bahkan keluarga si penderita.

Ada beberapa cara pencegahan penyakit tipes secara sederhana dan semoga bermanfaat ialah dengan dimulai memperhatikan lingkungan sekitar dan kesehatan tubuh kita, sebagai upaya cegah penyakit. Berikut tips yang dapat dilakukan untuk mencaga tubuh dari penyakit :
  • Mencuci tangan sebelum makan
  • Hindari makanan yang tidak higienis
  • Jika Anda pernah mengidap penyakit tersebut (tipes) sebaiknya jangan melakukan pekerjaan yang sangat melelahkan dulu, sebab akan mudah kembali kambuh
  • Meningkatkan daya tahan tubuh dengan istirahat yang cukup (7-8 jam/hari), olahraga teratur 3-4 kali dalam seminggu selama 1-2 jam untuk mencegah
  • Menghindari jajanan di pinggir jalan serta jika mengkonsumsi telur sebaiknya telur benar-benar matang
  • Sebaiknya melakukan imunisasi tipes untuk, meningkatkan daya tahan tubuh Anda terhadap penyakit tipes.

Pantangan makanan bagi penderita penyakit tipes

Bagi Anda yang memiliki atau sedang mengalami keluhan dengan penyakit tipes dan sedang mencari cara atau obat penyakit tipes yang tepat dan baik, alangkah baiknya juga untuk mengetahui apa pantangan makanan bagi penderita penyakit tipes. Melakukan pengobatan akan lebih efektif jika pola makan Anda bisa dijaga dengan baik. Berikut di bawah ini merupakan informasi mengenai anjuran atau pantangan makanan bagi penderita penyakit tipes.
    • Makanan yang serba asam
Makanan yang serba asam sangat tidak dianjurkan bagi penderita penyakit tipes, karena makanan yang asam ini akan mengakibatkan penyakit tipes Anda semakin parah,dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk segera bisa sembuh dari penyakit tipes. Contoh makanan yang asam adalah buah jeruk, belimbing, makanan yang di awetkan, asam jawa, salak, apel dan lain sebagainya buah yang asam.
    • Makanan yang serba pedas
Kebanyakan orang-orang seluruh dunia mungkin menyukai atau ingin selalu ada  makanan yang serba pedas ketika ingin makan, namun apakah Anda yakin akan makanan yang pedas ketika Anda menderita penyakit tipes? tentunya tidak bukan? Karena apabila Anda tidak menghindari makanan tersebut justru Anda akan mengalami penyakit tipes yang parah. Makanan pedas yang harus Anda hindari seperti cabai, saus, kecap pedas, pokonya segala makanan yang serba pedas.
Apabila Anda benar-benar mentaati segala Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Tipes, pengobatan akan lebih efektif atau kesembuhan juga akan cepat dan maksimal hasilnya sampai tidak akan kambuh lagi selamanya.


Semoga bermanfaat



Tidak ada komentar:

Posting Komentar