Cari Blog Ini

Minggu, 21 Februari 2016

Fasilitas Kampus di Universitas Palangka Raya

Pagi ini, cuaca agak mendung. Habis mencuci piring di kos, mau sepedaan dulu untuk mencari keringat. Rute yang paling sering kulalui adalah jl. Hendri Timang, sebuah nama jalan di dalam kampus Universitas Palangka Raya. 

Dari hasil jepretan kamera hape, timbul berniat mau berbagi kisah sedikit dengan pembaca sekalian tentang Universitas Palangka Raya, tapi cerita kali ini dibatasi hanya untuk mengulas fasilitas-fasilitas di kampus, itu pun masih sebagian. Lain kali semoga bisa lebih lengkap lagi, siapa tau dengan membaca tulisan ini bagi yang lulus SMA berminat untuk kuliah di UPR (singkatan dari Universitas Palangka Raya, dulu sering disebut UNPAR tapi karena UNPAR ini mengacu pada singkatan dari Universitas Parahyangan yang ada di Jawa Barat sana, makanya diganti menjadi UPR. Tapi masyarakat secara luas di Kalimantan Tengah menyebutnya dengan UNPAR. UPR digunakan untuk penulisan singkatan secara resmi). 

Nah berikut ulasan singkat dan hasil jepretannya...

1. Fasilitas Tempat Ibadah
di UPR, ada dua buah bangunan tempat ibadah, yang pertama untuk agama Islam, yang kedua untuk agama Kristen. Untuk tempat ibadah agama Hindu masih belum dibangun, padahal tanah lokasi bangunannya sudah ada tepat di pertigaan gerbang universitas, dekat gereja Mahanaim UPR.  Sebenarnya ini adalah salah satu PR terbesar Universitas, mengapa sampai saat ini masih belum dibangun-bangun juga. Bukankah hak mahasiswa itu sama, untuk jumlah mahasiswa Hindu UPR berkisar lima ratusan orang lebih, ini menurut data dari Perhimpunan Mahasiswa Hindu Universitas Palangka Raya (PMH UPR). huuhh jadi emosian deh... kembali ke notebook.. 

mba rus
Masjid Salahuddin Universitas Palangka Raya


Gereja Mahanaim Universitas Palangka Raya
 Masjid Salahuddin ini berada di jalan Yos Sudarso, di dekat Stadion Mini UPR. Masih berada dalam lingkungan kampus. Disini bagi kamu-kamu yang ingin sholat dan bertemu dengan komunitas sesama muslim direkomendasikan deh.. tiap tahun di areal dekat masjid ini diadakan pasar Ramadhan. Teras masjidnya cukup luas dan adem.. saya sendiri pernah ke masjid ini, menunggu teman saya yang ingin sholat.. betapa indahnya saling toleran hehee


Gereja Mahanaim ini ada di jl. Hendrik Timang. Oiya, jl. H. Timang adalah jalan utama di dalam kampus. Gereja Mahanaim ini berada tepat di kampus UPP 1 PGSD. Bagi teman-teman kristiani yang tempat tinggalnya dekat kampus, direkomendasikan deh untuk ibadah kesini.



Lahan tempat bangunan rumah ibadah agama Hindu

Ini dia yang masih dalam wacana.... realisasi tempat ibadah agama Hindu di Universitas Palangka Raya. Semoga deh, segera terealisasi oleh pak rektor.. lahannya ada, hanya saja mungkin keuangannya aja yang belum ada.



2. Fasilitas Olahraga


Tempat panjat tebing di Fakultas Ekonomi




Bagi kamu yang suka panjat memanjat, di Universitas Palangka Raya ada tempat panjat tebing. Ada di kampus Fakultas Ekonomi dan di kampus Fakultas Teknik. Bagi kamu yang berminat, tiap tahun ada perekrutan anggota panjat tebing, biasanya ketika semester ganjil.
GORSENI



 Fasilitas olahraga yang berikutnya adalah gedung GORSENI, disini untuk kamu-kamu yang suka bermain bulu tangkis bisa bergabung dalam klub bulu tangkis. Fasilitas olahraga yang lainnya di UPR adalah Stadion Mini UPR, disini tempat bermain sepak bola, dan ada dua buah lapangan voli. Keadaannya sekarang ini rumput ilalang tinggi-tinggi brow.. Untuk lapangan voli, banyak tersebar di areal kampus, ada yang dekat PGSD, dekat Faperta, dekat Fakultas Hukum.
Stadion Mini UPR













 3. Fasilitas Kesehatan

Bagi kamu yang sakit-sakitan nih, datang aja ke klinik UPR. Aku sendiri pernah kena sakit perut, datang ke klinik diberi obat diare dan sirup, harga tebus sekitar lima belas rebu.
Klinik













4. Fasilitas Perbankan

BRI Unit UPR
Di UPR ada satu buah unit cabang bank BRI. Tesedia fasilitas ATM, tapi masih belum ada CS. Tempatnya berdampingan dengan klinik. Bagi yang ingin menabung ataupun mengambil uang di ATM, pilihan terdekatnya ada di dalam kampus.






5. Fasilitas Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Gedung Sekre Bersama UKM UPR


Salah satu sudut jalan Hendrik Timang
 Nah.. gedung sekre UKM bersama ini menjadi tempat yang paling sering kukunjungi, disini tempat sekre UKM di Universitas Palangka Raya berada. UKM terbesar disini ada Menwa, KSR PMI UPR,  Untuk UKM Pramuka ada sanggar tersendiri. UKM keagamaan seperti PMK, KMK, LDKJS, dan PMH ada di dalam gedung sekre UKM ini.


Sanggar Pramuka

 I
WI-FI Corner

Bundaran UPR






























 Banggalah dengan apa yang kamu punya, mari berbenah bersama-sama untuk Universitas Palangka Raya yang lebih maju lagi. Salam..





Palangka Raya, 21 Februari 2016
acer liquid Z4 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar