Cari Blog Ini

Selasa, 02 Mei 2017

Pengertian dan Fungsi UPS





Apakah Anda seringkali mengalami gangguan listrik? Semisal pemadaman listrik bergilir atau naik turunnya tegangan secara tiba-tiba? Itu tentu sangat berbahaya bagi kinerja komputer. Sebab, tegangan listrik yang tiba-tiba mati akan mengakibatkan hard disk rusak sehingga komputer tak berjalan dengan baik. Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis mencoba mengulas tentang UPS yang diperoleh dari berbagai sumber di internet. Ulasan ini ditulis untuk Anda yang ingin mencari solusi bagaimana cara mencegah rusaknya komputer akibat aliran listrik yang terhenti secara tiba-tiba.

UPS merupakan singkatan dari Uninteruptible Power Supply. UPS memiliki pengertian yaitu perangkat hardware komputer yang berfungsi untuk memberikan suplai listrik ketika tagangan utama tidak berfungsi (berhenti, pemadaman listrik). jadi, UPS hanya akan berfungsi jika terjadi pemadaman listrik. Artinya, UPS hanya sebagai cadangan.

UPS cukup berperan karena dapat memberi suplai listrik selama beberapa menit. Waktu yang cukup singkat dapat dimanfaatkan untuk mematikan komputer secara normal. Ini tentu lebih baik ketimbang mati tiba-tiba karena listrik padam (akan merusak hard disk).

Selain itu, di dalam perangkatn UPS juga terdapat stabilizer. Sabilizer ini memiliki kegunaan untuk menstabilkan aliran listrik yang masuk ke dalam komputer. Dengan demikian, CPU dapat bertahan lebih lama ketimbang biasanya karena arus listrik yang mengalir ke CPU dapat stabil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar